Vitamin K? Apa Saja ya Manfaat Vitamin K?

Vitamin K mungkin menjadi vitamin yang tidak terlalu dikenal, dibandingkan dengan jenis vitamin lain. Namun sebenarnya tubuh memerlukan vitamin K untuk menjaga kesehatan dan fungsi berbagai organ penting. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin K maka bisa mengalami masalah kesehatan dan sangat fatal akibatnya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang vitamin K.

Vitamin K termasuk golongan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan, misalnya bayam, brokoli, kacang kedelai, daging, telur, stroberi, sereal, serta minyak sayur. Kecukupan asupan vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Sumber Vitamin K Paling Tinggi

Basil Keringdaun basil

Basil yang mengandung vitamin K dalam jumlan yang tinggi ini sangat menguntungkan untuk tubuh karena juga mengandung flavonoid jenis vicenin dan orientin. Senyawa ini bisa menjadi antioksidan yang bisa melawan efek radiasi dan kerusakan sel dalam tubuh.

Daun Bawang daun bawang

Daun bawang bisa dikonsumsi mentah atau masak untuk mendapatkan nutrisi terbaik bagi tubuh Anda. Vitamin K dalam daun bawang bisa menjadi asupan yang sangat penting terutama untuk membantu proses pembekuan darah dalam tubuh, menguatkan tulang dan menjaga agar tulang tetap sehat.

Brussel SproutBrussels

Mengandung vitamin K yang bisa menguatkan tulang, brussel sprout juga mengandung serat yang bisa menurunkan berat badan, mencegah wasir dan menjaga kesehatan usus.

Mentimun ketimun

Mentimun mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin K yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi ini bisa mencegah berbagai jenis penyakit. Vitamin K dalam mentimun sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan proses pembekuan darah. Bahkan konsumsi mentimun bisa mencegah osteoporosis yang sering terjadi pada wanita.

Kedelai kedelai

Konsumsi kedelai bisa membantu menurunkan berat badan dengan mengendalikan nafsu makan berlebihan. Kedelai juga mengandung protein yang dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme. Kedelai mengandung vitamin K yang akan membantu mengatasi masalah gangguan tidur, metabolisme tubuh, kesehatan tulang dan menjaga agar kadar gula dalam darah tetap normal.

Romaine Romaine 

Romaine adalah jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti sawi hijau namun tekstur daun yang tegak dan rasa yang renyah. Romaine adalah jenis sayuran yang banyak tumbuh di dataran tinggi dan membutuhkan udara dingin untuk mendapatkan nutrisi terbaiknya. Kandungan vitamin K dalam romaine sangat baik untuk menjaga sistem memori untuk penderita Alzheimer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *