Tips Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Tips  Atasi Nyeri Haid tanpa konsumsi Obat tips

Cara menghilangkan nyeri haid diperlukan bagi seorang wanita yang sudah dewasa. Tidak semua wanita merasa baik-baik saja saat mengalami haid. Terdapat beberapa diantara mereka yang merasakan nyeri dan sakit yang luar biasa ketika haid. Bahkan ada yang harus sampai masuk ke rumah sakit karena haid.

Jika Anda sering mengalami rasa sakit dan kram saat menstruasi, maka Anda tidak sendiri. Sedikitnya 3 dari 4 wanita mengalami dysmenorrhea dan 1 dari 10 mengalami dysmenorrhea parah. Anda mungkin mengetahui beberapa jenis obat yang diklaim dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat menstruasi, namun sebelum terburu-buru mengambil obat, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut untuk mengurangi nyeri haid:

1.  Mengompres perutkompres

Anda dapat mencoba mengompres perut Anda dengan botol berisi air hangat. Panas yang dihasilkan akan membantu merelaksasi otot uterus yang berkontraksi sehingga menimalisir rasa sakit. Atau Anda bisa mencoba mandi berendam air hangat untuk merelaksasi seluruh bagian tubuh.

2. Mandi Air Hangat

mandi

Cara sedeharhana bisa dilakukan saat mandi. Apabila bisanya, kamu mandi dengan air dingin atau air biasa, maka gantilah dengan air hangat untuk sementara atau selama haid. Mandi dengan air hangat akan membuat santai tubuh kita sehingga mengurangi rasa nyeri yang ada.

3. Kegiatan relaksasiyoga

Pijatan kecil di sekitar perut bisa membantu meredakan rasa nyeri yang muncul. Selain itu, Anda bisa mencoba kegiatan seperti yoga dan pilates untuk membantu mengalihkan perhatian dari rasa sakit.

4. Konsumsi Makanan Sehatmakanan sehat

Berdasarkan studi, asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin B6 dan B1, serta magnesium dapat mengurangi nyeri haid. kamu dapat mengonsumsi sayur dan buah dengan aneka macam warna, labu, ikan, dan makanan lain yang mengandung banyak protein nabati.

5. Berbaringberbaring

Apabila rasa nyeri mulai muncul saat haid, maka kamu dapat merebahkan tubuh terlebih dahulu di kasur atau sofa. Biasanya, rasa nyeri timbul pada bagian punggung sehingga dengan berbaring maka rasa nyeri akan berkurang. Gunakanlah bantal di bawah lutut untuk menyangganya dan ambillah napas panjang kemudian hempaskan. Lakukanlah hal ini secara berulang sampai kamu merasa lebih nyaman.

6. Mengatur Pola Makanpola makan

Makanan berlemak, soda, alkohol merupakan jenis makanan dan minuman yang harus Anda hindari. Makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan kembung dan resistansi air dalam tubuh Anda sehingga memperparah nyeri haid.

Selain itu, yang perlu anda hindari adalah Kafein, Kafein yang terdapat pada kopi, teh, soda, dan cokelat dapat memperparah kram dan tegang pada perut. Begitu juga konsumsi gula yang biasanya terdapat pada makanan dan minuman berkafein. Anda dapat mengganti kopi dan teh Anda dengan minuman jahe atau lemon hangat. Jahe serta lemon dapat membantu mengurangi sakit perut dan memberi efek menenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *