Ternyata Dengan Sikat Gigi Saja Tidak Cukup Untuk Membersihkan Gigi

sikat gigi

Sikat Gigi – Menyikat gigi merupakan cara menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Tetapi plak sering kali muncul meski kita rajin menyikat gigi. Plak dapat menyebabkan gangguan kesehatan mulut. Selain menyikat gigi kita juga bisa menggunakan mouthwash yang dapat membantu mengurangi timbulnya plak.

Plak atau karang gigi adalah lapisan timbunan bakteri yang memadat dan menempel pada gigi. Plak muncul dan berkembang karena ada sisa makanan, makanan yang tersisa pada gigi akan mengundang bakteri. Bakteri tersebut akan menghasilkan asam yang akan menghancurkan enamel atau lapisan terluar gigi.

sikat gigi

Selain itu plak juga dapat merusak akar gigi dan tulang penopang gigi serta dapat menurunkan kesehatan rongga mulut. Berikut ini beberapa cara mencegah timbulnya plak pada gigi:
1> menyikat gigi sebelum tidur
Minimal menyikat gigi satu hari sebanyak dua kali, termasuk menyikat gigi sebelum anda tidur. tujuannya agar membersihkan rongga mulut dari sisa makanan, kuman, serta timbunan plak yang mulai muncul.

2> Cara menyikat gigi yang benar
Perlu di perhatikan untuk cara menyikat gigi yang benar, karena jika menyikat gigi secara sembarangan akan membuat kegiatan sikat gigi anda sia-sia. Anda dapat menyikat gigi secara melingkar untuk melepaskan lapisan plak yang menempel pada gigi.

3> Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
Fluoride sangat bermanfaat dalam melawan kuman yang berpotensi membuat gigi menjadi busuk. Zat Fluoride juga memberikan perlindungan pada gigi dari ancaman kerusakan. Mengonsumsi air minum kemasan yang memiliki kandungan fluoride juga dapat membantu mengurangi risiko penimbunan plak.

sikat gigi

4> Gunakan Mouthwash setelah menyikat gigi
Mouthwash dapat membersihkan area mulut yang sulit dijangkau saat menyikat gigi, seperti gusi dan sela-sela gigi karena sikat gigi hanya membersihkan 25% dari mulut. Selain itu, mouthwash juga dapat mengurangi keasaman dan jumlah kuman di rongga mulut serta remineralisasi gigi.

5> Periksa gigi secara teratur
Periksalah gigi anda secara teratur yaitu setiap 6 bulan sekali, dapat mencegah kerusakan gigi.

sikat gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut mampu membantu untuk menjaga tubuh terhindar dari berbagai penyakit dan infeksi sehingga dapat menunjang tumbuh kembang buah hati anda. Memasuki usia 2 tahun, buah hati anda mulai bisa diajarkan menyikat gigi sendiri dengan pasta gigi khusus anak-anak.

Di atas usia 6 tahun, anak sudah boleh belajar cara berkumur menggunakan mouthwash yang disesuaikan dengan anjuran dokter gigi. Merawat kesehatan gigi dan mulut sebaiknya mulai dibiasakan sejak kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *