Penyebab Biduran yang Sering Tidak Kita Sadari

Pernahkah Anda mengalami biduran? Biduran adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Dalam bahasa medis disebut dengan urtikaria, kondisi ini dapat menyerang bagian wajah, badan, lengan, atau kaki. Anda terkadang tidak menyadari saat tiba-tiba merasa gatal di kulit, ternyata terkena biduran.

Salah satu penyebab umum munculnya biduran adalah adanya reaksi alergi terhadap beberapa pemicu, seperti hewan peliharaan, serbuk sari, atau lateks. Saat terkena zat alergen, tubuh melepaskan histamin dan bahan kimia ke dalam darah sehingga menyebabkan gatal, bengkak, dan gejala lainnya. Gejala biduran bisa berlangsung selama beberapa jam atau hari.

Ada urtikaria ada terbagi menjadi 2 jenis antaranya adalah:

  1. Urtikaria akut => urtikaria yang gejalanya tidak lebih dari enam minggu. Sayangnya, lebih dari setengah kasus urtikaria akut tidak diketahui penyebabnya.biduran
  2. Urtikaria kronis =>  Pada kasus urtikaria kronis, gejala berlangsung hingga lebih dari enam minggu. Biasanya penyebab kondisi ini lebih sulit untuk diketahui, namun bisa juga sama dengan urtikaria akut.biduran kronis

Berikut adalah beberapa penyebab biduran yang membuat kulit jadi super gatal.

1. Alergi makanan

Biduran dapat disebabkan oleh alergi makanan maupun minuman tertentu, misalnya telur, kerang, kacang tanah, atau buah beri. Bentol merah akibat biduran bisa langsung muncul sesaat setelah seseorang makan makanan pemicu alergi, namun ada juga yang memerlukan waktu beberapa jam sebelum muncul gejala.alergi makanan

2. Faktor Lingkungan

Reaksi alergi terhadap faktor-faktor yang ada dalam lingkungan, seperti serbuk sari, tungau debu, gigitan serangga, atau bahan kimia tertentu.  Yang sering tidak disadari adalah biduran juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari, suhu dingin, atau angin kencang.

3. Stresstress

Penelitian menunjukkan bahwa stres merupakan biang keladi dari berbagai penyakit fisik dan mental, termasuk biduran. Stres berlebihan dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga lebih rentan terkena masalah kulit, termasuk biduran.

Biduran yang bekali-kali muncul selama lebih dari enam minggu, stres dan amarah dapat membuat tubuh melepaskan histamin. Akibatnya, tubuh memberikan respon peradangan dengan memunculkan bentol merah seperti biduran.

4. Kondisi Kesehatan

Biduran ternyata bukan sekadar rasa gatal dan bentol-bentol di kulit. Pasalnya, biduran juga dapat memberikan sinyal adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Pasien dengan penyakit lupus, limfoma, penyakit tiroid, hepatitis, maupun HIV sama-sama memiliki gejala gatal-gatal mirip biduran. Namun, jenis biduran atau urtikarianya tergolong kronis sehingga dapat diatasi dengan bantuan obat-obatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *