Pengobatan Wasir

Perubahan Pola Makan dan Mawas Diri

Jika hemoroid disebabkan oleh konstipasi, Anda harus berusaha agar tinja menjadi lunak dan Anda bisa membuang air besar secara teratur. Tujuannya agar Anda tidak mengejan saat membuang air besar.

Namun beberapa wasir dapat menyebabkan gejala yang membutuhkan terapi. Pilihan terapi untuk wasir yaitu:

  • Tambahan serat seperti psyllium (Metamucil) atau methylcellulose (Citrucel) dapat membantu pengeluaran feses Anda dan mengobati konstipasi
  • Krim dan obat supositori dapat membantu meredakan rasa nyeri dan gatal akibat wasir
  • Duduk di bak mandi berisi air hangat selama 10 menit beberapa kali dalam sehari
  • Banyak olahraga
  • Operasi pengangkatan wasir, disebut juga dengan hemoroidektomi, dapat dilakukan jika semua terapi lain gagal

Anda juga harus minum banyak air dan menghindari konsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, dan minuman soda. Ikuti beberapa saran berikut ini saat Anda pergi ke toilet:

  • Tepuk pelan-pelan area bokong, bukan mengelapnya.
  • Setelah buang air besar, gunakan tisu yang lembut atau gunakan tisu khusus bayi untuk membersihkan area bokong. Jangan memakai tisu toilet yang kering dan bertekstur kasar.
  • Hindari mengejan saat buang air besar, kebiasaan ini bisa memperparah hemoroid.

Jenis Pengobatan yang Disarankan

Obat oles yang bisa dibeli secara bebas

Berbagai macam krim, salep, dan obat suppositoria tersedia di toko obat tanpa memerlukan resep dokter. Suppositoria adalah jenis obat-obatan yang dimasukkan langsung ke dalam anus. Obat-obatan sejenis ini bisa dipakai untuk meredakan pembengkakan atau ketidaknyamanan yang dirasakan pasien.

Jangan menggunakan obat-obatan di atas lebih dari satu minggu, kecuali dokter yang menganjurkannya. Produk-produk ini bisa menimbulkan efek samping seperti ruam dan inflamasi. Segala jenis pengobatan harus digabungkan dengan pola makan yang bagus serta tetap mawas diri. Tidak ada bukti tentang pengobatan mana yang lebih efektif. Tanyakan kepada dokter atau apoteker tentang produk yang cocok untuk Anda.

Jangan lupa untuk membaca panduan penggunaan pada tiap obat sebelum memakai atau mengonsumsinya. Tidak dianjurkan memakai lebih dari satu produk obat-obatan secara bersamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *