Obat Flu Tradisional

obat flu

Obat Flu Alami

Flu atau biasa juga disebut dengan pilek merupakan salah satu penyakit yang di sebabkan oleh adanya infeksi virus pada alat pernafasan manusia seperti tenggorokan, hidung, serta paru-paru.

Flu bisa di tularkan melalui virus yang menular melalui udara, kontak langsung dengan penderita flu, berbagi makanan, minuman, dan juga saat bersin. Ada beberapa gejala atau tanda saat tubuh terserang penyakit influenza atau pilek diantarannya:


* Mengalami bersin-bersin
* Tersumbatnya saluran pernafasan pada hidung
* Saluran hidung menjadi basah
* Terasa gatal pada tenggorokan
* Tubuh terasa sedikit kelelahan
* Mengalami demam ringan
* Mata menjadi air

Untuk sakit flu kita dapat mengobatinya dengan obat tradisional dan tanpa harus pergi ke dokter. Berikut ini beberapa obat alami yang bisa mengobati sakit flu:

1. Jahe

obat flu

Kita bisa memanfaatkan jahe sebagai obat untuk menyembuhkan sakit flu. Karena jahe di kenal memiliki kandungan senyawa anti virus yang berguna mambantu menghilangkan virus penyebab flu. Beberapa jenis jahe yang di gunakan untuk mengobati sakit flu adalah jahe merah dan jahe biasa.

Jahe memiliki kandungan gingerol, minyak, atsiri, terpenoid zingiberol serta shogaol yang merupakan senyawa yang banyak digunakan sebagai bahan obat batuk.

Cara membuatnya cukup mudah, kita hanya cukup mengambil jahe beberapa ruas, lalu cuci untuk membersihkannya. Kemudian tumbuk jahe tersebut, setelah di tumbuk masukkan jahe ke dalam segelas air hangat, lalu tambahkan madu secukupnya. Aduk hingga merata dan minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari.

2. Madu

obat flu

Madu memiliki sifat sebagai antibakteri yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Madu juga dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit flu dan membantu mengurangi iritasi pada saluran tenggorokan.

3. Pepermint

obat flu

Pepermint merupakan salah satu bahan herbal yang banyak digunakan untuk menyembukan sakit flu. Pepermint mengandung senyawa yang bernama mentol. Kegunaan mentol untuk mengencerkan dahak serta lendir pada saluran pernapasan serat mampu untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Kita dapat membuat segelas teh pepermint dengan menambahkan madu murni secukupnya. Minumlah 1 sampai 2 kali sehari untuk membantu menghilangkan flu dan batuk.

4. Bawang Putih

obat flu

Bawang putih juga bisa membantu untuk mengatasi flu. Bawang putih mengandung zat yang memiliki sifat antiviral ringan serta mampu memperkuat daya tahan tubuh. Kita bisa mengonsumsi bawang putih dengan mencampurkannya pada menu makanan sehari-hari.

5. Ekstrak Elderberry

obat flu

Elderberry merupakan tanaman yang berasal dari eropa yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan, salah satunya membantu melegakan hidung yang tersumbat serta gangguan pada saluran pernapasan yang lain.

Itulah beberapa obat tradisional yang bisa membantu kita untuk menyembuhkan penyakit flu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *