Obat Diare Yang Bisa Dibeli Di Apotek

Pengobatan Diare

Jika tidak diobati, diare bisa berujung pada dehidrasi. Dehidrasi memiliki konsekuensi yang fatal dan berpotensi merenggut nyawa penderita, terutama jika terjadi pada anak-anak. Hal ini karena ketahanan tubuh anak-anak terhadap dehidrasi jauh lebih rendah dibandingkan orang dewasa

Atasi dehidrasi dengan oralit atau banyak minum air putih dalam jumlah banyak. Asupan air adalah sesuatu yang sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa jenis obat untuk mengatasi diare:

1. Attalpulgite

Attapulgite

Obat yang digunakan untuk meredakan dan mengatasi diare. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat gerakan usus besar, sehingga membuat usus mampu menyerap lebih banyak air, dan tinja akan menjadi lebih padat. Attapulgite juga mengikat bakteri atau racun penyebab diare. Selain membuat tinja lebih padat, attapulgite juga bermanfaat untuk meredakan gejala kram perut akibat diare.

2. Antibiotik atau Antiparasit

antibotik

Antibiotik dikonsumsi ketika hasil pemeriksaan tinja menunjukkan adanya infeksi bakteri atau infeksi parasit seperti amoeba. Jika terlalu sering digunakan untuk penyakit yang ringan, efek positif antibiotik akan berkurang ketika nantinya digunakan untuk mengobati kondisi yang lebih serius. Antibiotik juga disarankan bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah dan rentan terhadap infeksi.

3. Loperamide

Loperamide-Pills

Salah satu obat antidiare yang efektif dan cepat dalam menghentikan diare, bagi mereka yang memiliki aktivitas padat atau yang ingin bepergian jarak jauh. Jenis obat diare dewasa berbentuk tablet dan juga kapsul. Loperamide dapat bekerja dengan cara memperlambat kerja pada usus besar, sehingga makanan akan tertahan lebih lama di dalam usus. Jadi dengan begitu usus akan lebih banyak menyerap cairan dan kondisi feses yang dikeluarkan pun akan menjadi lebih padat. Obat ini hanya digunakan untuk meringkan gejala diare bukan mengobati penyebab utama pada diare.

4. Oralit

oralit

Jika ada salah satu anggota keluarga yang menderita diare maka disarankan untuk memberikan oralit. Berikan oralit sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan oralit, Manfaat Oralit bukan sebagai menyembuhkan diare melainkan untuk mencegah dehidrasi dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

5. Norit

Norit

Norit

Obat diare yang efektif mengobati diare, norit sendiri merupakan karbon yang diperoleh dari tumbuhan yang telah diaktifkan dengan kuat. Obat diare ini memiliki daya serap yang sangat baik dan mampu menghilangkan berbagai masalah yang ada pada pencernaan seperti racun yang terdapat pada makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *