Manfaat Vitamin B2 Untuk Tubuh Kita

Manfaat Vitamin B2

Manfaat VItamin B2 – Vitamin B2 atau riboflavin adalah nutrisi yang sangat baik bagi perkembangan jaringan tubuh, produksi sel darah merah dan membantu pelepasan energi yang dihasilkan dari protein. Vitamin B2 bisa di peroleh dari beberapa jenis makanan, seperti produk susu, roti, daging rendah lemak, jeroan, telur, kacang-kacangan, nasi dan sayuran hijau.

Selain bisa diperoleh melalui makanan, Vitamin B2 juga banyak terkandung di dalam suplemen. Vitamin B2 bisa menjadi kandungan utama atau campuran di dalam suplemen multivitamin, yang biasanya tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, suntik atau infus.

Manfaat Vitamin B2

Vitamin B2 sering diberikan untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah, meredakan migran, menurunkan kadar asam amino yang terlalu tinggi didalam darah, dan mencegah katarak. Suplemen vitamin B2 di berikan kepada penderita yang kekurangan vitamin B2 yang tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi Vitamin B2 melalui makanan.

Kekurangan vitamin B2 bisa dialami karena sejumlah kondisi seperti infeksi berkepanjangan, penyakit liver, gangguan usus, kecanduan alkohol atau kanker.

Suplemen Vitamin B2 sebaiknya dikonsumsi saat makan. Penyerapan vitamin B2 akan lebih baik jika konsumsinya bersamaan dengan makanan. Diwajibkan untuk mengonsumsi vitamin B2 pada waktu yang sama setiap harinya agar pengobatan lebih maksimal.

Manfaat Vitamin B2

Vitamin B2 dapat berinteraksi jika digunakan bersamaan dengan obat-obat lain:
* Mengurangi kadar antibiotik tetracycline yang diserap oleh tubuh.
* Meningkatkan kadar Vitamin B2 dalam tubuh, jika dikonsumsi dengan obat anti kolinergik seperti atropin
* Mengurangi kadar riboflavin dalam tubuh, jiak dikonsumsi dengan obat antidepresan amitriptyline.
* Jika dikonsumsi dengan phenobarbital, dapat Mempercepat pembuangan vitamin B2 dari tubuh.
* Jika digunakan bersama asam borat dapat Menurunkan penyerapan riboflavin.

Manfaat Vitamin B2

Vitamin B2 jarang menyebabkan efek samping, efek samping jika kita konsumsi Vitamin B2 biasanya warna urine yang lebih kuning dari biasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *