Manfaat Vitamin A Apa Saja ya?

Pada saat masih kecil kita seringkali dibujuk oleh orang tua untuk sering mengkonsumsi wortel mentah atau buah pepaya. Sebenarnya apa saja khasiat dari kedua makanan tersebut? Sebenarnya wortel dan buah pepaya sangat baik untuk kesehatan mata. Ini disebabkan karena kedua makanan tersebut sangat kaya akan vitamin A.

Jadi buah dan makanan apa saja yang menjadi sumber dari vitamin A tersebut? Apa dampak negatif jika tubuh kekurangan vitamin A? Berikut dibawah ini akan kami jelaskan secara rinci tentang manfaat vitamin A dan sumber makanan terbaik yang banyak mengandung vitamin A.

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam pembentukan sistem indra penglihatan mata. Vitamin ini mengandung senyawa retinol yang mampu membantu retina mata untuk mengubah sinyal cahaya yang diterima menjadi sebuah bentuk gambar pada otak kita. Oleh sebab itu, jika kita kekurangan vitamin A maka dapat mengganggu organ penglihatan seperti mata minus, rabun jauh dan katarak.

Dilihat dari sumbernya, vitamin A ini terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu :

1. Retinol =  jenis vitamin A yang didapatkan dari sumber hewani, seperti hati ayam, daging sapi, susu dan keju.
2. Beta Karoten = jenis vitamin A yang didapatkan dari sumber nabati, seperti sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian.

Makanan Yang Mengandung Vitamin A Tertinggi

1. Daging Sapidaging sapi

Manfaat vitamin A dalam daging sapi ini adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan juga untuk menyehatkan organ reproduksi.

2. Hati Ayamhati ayam

Manfaat vitamin A dalam hati ayam ini adalah untuk mencegah resiko terkena katarak dan meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

3. Ikan Salmonsalmon

Vitamin A dalam ikan salmon bermanfaat untuk merangsang fungsi otak agar bisa bekerja lebih maksimal. Selain itu, manfaat ikan salmon adalah untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada di pembuluh darah. Sehingga dapat mencegah resiko serangan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi

4. Ikan Tunatuna

Khasiat vitamin A pada ikan tuna ini berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

5. Ikan Makarelikan Makarel

Manfaat mengkonsumsi ikan makarel antara lain dapat menyehatkan retina mata agar tidak terkena penyakit kebutaan, menyehatkan tulang, menguatkan otot tubuh dan memperlancar sistem metabolisme.

6. Wortelwortel

Manfaat wortel selain untuk mata sehat adalah untuk kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit kanker, memelihara jantung dan mengontrol kadar kolesterol.

7. Ubi Jalarubi jalar

Manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh adalah untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi, mengurangi resiko diabetes, mencegah kanker usus dan sembelit, melawan radikal bebas, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kepadatan tulang dan tentu juga untuk kesehatan mata.

8. Sayur Seladaselada

Manfaat daun selada adalah untuk mengobati anemia, mengatasi sariawan, mengobati diabetes, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat dan menangkal radikal bebas.

9. Brokolibrokoli

Sayur brokoli ini adalah dapat melawan dan mencegah kanker, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, tekanan darah tinggi, tumor dan tentunya menyehatkan mata secara keseluruhan.

10. Kejukeju

Manfaat Keju adalah untuk mencegah osteoporosis, mencegah kanker, mencegah diabetes dan sangat baik untuk masa pertumbuhan anak.

Buah Yang Banyak Mengandung Vitamin A

1. Buah Melonmelon

Manfaat buah melon adalah dapat mencegah serangan jantung, mencegah penyakit kanker, sebagai anti aging untuk menghindari penuaan dini, memelihara kesehatan mata dan sangat baik untuk digunakan sebagai makanan diet sehat.

2. Aprikotapricot

Manfaat buah aprikot adalah dapat mengatasi sembelit, meningkatkan kesehatan mata, mencegah kanker dan jantung, menyembuhkan anemia dan menyehatkan kulit.

3. Manggamangga

Manfaat buah mangga bagi tubuh adalah dapat mengobati dan mencegah kanker, mengobati gangguan penglihatan, penambah nafsu makan, menstabilkan kadar gula darah, membantu sistem pencernaan dan masih banyak lagi khasiat yang lainnya.

4. Persikpersik

Buah persik juga kaya akan betakaroten yang dapat berubah menjadi vitamin A dan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

5. Pepayapepaya

Manfaat buah pepaya ini buka hanya untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga berkhasiat untuk perawatan kesehatan kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *