Kenapa bisa Stretch Mark?

Apakah anda memiliki stretch mark pada tubuh? Fenomena ini sangat wajar kok bagi setiap orang, terutama yang sering memilikinya adalah wanita yang sedang dalam masa kehamilannya. Stretch mark merupakan guratan pada kulit akibat lemak terkonsetrasi pada bagian tubuh tertentu, lebih simplenya ketika kulit  meregang lebih cepat karena anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan dermis (tengah kulit) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan kulit dan timbulah stretch mark.

kolagen2

Penyebab Stretch Mark

1. Kurangnya Kolagen
Salah satu penyebab munculnya stretch mark adalah kurangnya kolagen atau protein dalam tubuh anda yang membuat kulit lentur. Tidak semua orang mengalami stretch mark. Stretch mark umumnya terjadi karena tubuh Anda bertumbuh lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit.

kolagen

Ketika kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Kondisi inilah yang disebut stretch mark.

2. Keturunan
Tidak bisa dipungkiri kalau faktor keturunan juga merupakan salah satu penyebab munculnya stretch mark, misalnya riwayat keluarga kita mempunyai stretch mark, kemungkinan besar anda juga bisa terkena stretch mark.

3. Ketidakseimbangan hormon
Penyebab stretch mark yang lainnya yaitu ketidakseimbangan hormon. Hal ini sering terjadi saat-saat mengalami pubertas, despresi, kehamilan, serta pengunaan berlebihan pada obat-obat tertentu seperti obat yang mengandung kortikosteroid yang tidak tepat. Kortikosteroid umumnya digunakan untuk menangani kondisi kulit tertentu seperti eksim.

4. Kenaikan Berat Badan Yang Mendadak

Seperti yang telah dijelaskan di atas, faktor umumnya penyebab stretch mark muncul di kulit disebabkan oleh kenaikan berat badan yang mendadak dan sangat banyak, sehingga kulit merenggang secara cepat dan mendadak mengakibatkan lapisan dermis (tengah kulit) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan kulit. Yuk, mulai sekarang kita jaga pola makan kita secara benar dan teratur, harus diingat bahwa pola makan yang kurang teratur seperti makan berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara mendadak dan tentunya akan menyebabkan munculnya stretch mark pada kulit badan kita.

berat badan

Sebelum stretch mark terbentuk, kulit akan menipis dan muncul garis atau guratan kemerahan, kadang disertai rasa gatal-gatal. Lama-kelamaan garis ini akan berubah menjadi warna putih  kelabu tergantung warna kulit anda,  yang kemudian akan menghilang, bisa dalam hitungan bulan atau tahun.

Warna merah pada kulit muncul karena lapisan dermis yang menipis membuat pembuluh darah di bawahnya muncul dan tampak ke permukaan. Guratan ini menjadi putih setelah pembuluh darah mengerut.

Bagi orang tertentu timbulnya stretch mark pada bagian tubuh tertentu bisa membuat orang tidak percaya diri,  bisa mengurangi penampilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *