Cara Tradisional Obati Radang Tenggorokan

Banyak anak-anak atau orang tua terutama zaman old yang takut minum obat-obatan yang sifatnya kimiawi, atau terdapat kontra indikasi karena memiliki penyakit tertentu misalnya gangguan fungsi hati, dan lain sebagainya yang tidak diperbolehkan minum obat radang tenggorokan tertentu misalnya parasetamol.

Banyak penderita radang tenggorokan disarankan dokter untuk memperbanyak waktu istirahat mereka karena dapat membantu tubuh melawan bakteri. Jika memungkinkan, izin dari sekolah atau kantor selama sakit dikarenakan bersin dan batuk dapat menularkan infeksi.

Selain istirahat, ada beberapa cara mengobati radang tenggorokan, orang tua zaman old lebih suka menggunakan obat tradisional untuk radang tenggorokan karena tergolong relatif aman, dan termasuk home remedies artinya perawatan dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan umumnya ada di rumah.

Berkumur air garam

Beberapa studi membuktikan berkumur air asin hangat (air putih+garam) beberapa kali dalam sehari karena air garam dapat meredakan pembengkakan atau radang tenggorokan, membuang dahak, iritan, dan membantu membunuh bakteri. Bila kombinasi ini terlalu asin, kamu dapat menambahkan madu untuk membantu meredakan infeksi.

Air garam

Perbanyak Minum

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik sangatlah penting, apalagi sedang sakit, khususnya radang tenggorokan. Minumlah dengan cukup sehingga air kencing anda berwarna kuning jernih atau bening. Hal ini akan membuat selaput mukosa pada tenggorokan dan sekitarnya selalu lembab, dan lebih mudah melawan bakteri dan iritan. Selain itu membuat tubuh lebih mampu melawan gejala flu, batuk, atau demam yang mungkin menyertai

air putih

Permen pelega tenggorokan

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di pasaran mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus, bahan yang bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan Anda. Ketiga bahan ini mengandung properti anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendorong proses penyembuhan.

Permen pelega tenggorokan

Mandi air hangat

Menghirup udara lembab dapat membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sekaligus juga mengatasi hidung mampet. Ganti air dingin yang biasa Anda gunakan saat mandi dengan air hangat, atau Anda bisa isi sebuah mangkuk besar dengan air hangat dengan menggantung selembar handuk di atas kepala Anda untuk menjaga uap hangat tidak keluar dari mangkuk.

Tarik napas dalam-dalam selama beberapa menit dan terus ulangi selama beberapa saat untuk meringankan rasa sakit tenggorokan.

Mandi air hangat

Jauhi zat iritan (penyebab iritasi)

Hindari paparan dari zat di dalam rokok yang akan memperparah kondisi, misalnya asap rokok, bau dari produk pembersih, dan cat. Zat-zat tersebut dapat meningkatkan reaksi peradangan pada tenggorokan juga paru-paru.

Zat iritan

Madu

Madu terbukti memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Juga, karena konsistensi madu, sangat menenangkan untuk sakit tenggorokan, batuk dan penyakit bronkial. Madu telah digunakan selama berabad-abad oleh orang-orang terdahulu. Jadi madu untuk radang tenggorokan bukanlah konsep baru.

Madu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *