Cara Pengobatan Biduran

Kasus biduran kebanyakan ringan dan bisa sembuh dalam dua hari. Penanganan atau pengobatan yang dilakukan disesuaikan dengan tingkat gejala yang dialami dan faktor penyebabnya.obat biduran

Sebagian besar kasus urtikaria tidak memerlukan pengobatan karena gejala yang timbul biasanya ringan dan sering membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tapi jika anda tidak ingin menunggu lebih lama atau ingin biduran lebih cepat sembuh maka anda bisa menggunakan obat dibawah ini :

Obat-obatan yang digunakan obat Urtikaria Akut :

Antihistamin

Antihistamin akan menghambat histamin yang menimbulkan biduran, sehingga membantu menghilangkan rasa gatal dan mengurangi ruam atau kemerahan. Contoh obat antihistamin adalah loratadine, cetirizine, dan fexofenadine.

loratadinecetirizine

Baca terlebih dahulu dosis, kontraindikasi dan efek sampingnya karena sebagian antihistamin dapat menyebabkan efek ngantuk.

Kortikosteroid

Obat ini diberikan untuk mengurangi gejala biduran yang parah. Kortikosteroid bekerja dengan cara menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh. Contoh obatnya adalah prednison dan dexametason.

dexamethasone

Obat ini tidak untuk dikonsumsi secara jangka panjang. Pemakaian jangka panjang bisa menyebabkan efek samping seperti hipertensi, katarak, glaukoma, dan diabetes.

Obat-obatan yang digunakan untuk menangani urtikaria kronis atau yang bertahan lebih dari enam minggu adalah:

AntihistamiH1 dan H2

Obat antihistamin H2 bisa dikonsumsi untuk mengatasi kondisi ruam dengan cara menyempitkan pembuluh darah. Antihistamin H2 memiliki efek samping seperti sakit kepala, diare dan pusing.

Leukotriene receptor antagonists

Obat ini membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Efek sampingnya cukup ringan seperti mual dan sakit kepala.

Omaluzimab

Obat ini bisa mengurangi jenis antibodi dalam tubuh yang berperan menyebabkan biduran. Obat ini diberikan melalui suntikan.

obat suntik

Siklosporin

obat ini juga menghambat sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sel tubuh yang sehat. Efek samping yang ditimbulkan obat ini termasuk hipertensi, masalah ginjal, sakit kepala, kolesterol darah naik, tremor atau gemetar, dan meningkatkan risiko terkena infeksi.

Menthol Cream

Digunakan sebagai alternatif atau disamping antihistamin karena membantu meringankan rasa gatal.

menthol cream

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *