Cara Mengobati Kurap dengan Bahan Alami

Meskipun sudah banyak krim anti jamur (obat jamur salep) ataupun obat gatal yang dapat digunakan untuk mengobati kurap, banyak juga orang yang lebih memilih untuk menggunakan pengobatan secara alami. Cara ini dinilai lebih aman untuk kulit, lebih murah dan mudah didapat.

Ada berbagai ramuan dan minyak yang memiliki khasiat anti jamur dan anti-peradangan yang dapat membantu meringankan infeksi dan gatal akibat kurap. Beberapa obat kurap alami yaitu

Minyak Lavender

Minyak Lavender

Disamping aromanya yang menenangkan minyak lavender ternyata juga sangat baik untuk mengobati kurap. Minyak essensial alami ini terbukti sangat ampuh membunuh jamur yang menginfeksi kulit, bahkan minyak ini juga akan mencegah infeksi lain yang mungkin terjadi selama pengobatan kurap. Namun, penggunaannya harus diperhatikan karena minyak lavender ini sangat kuat dan dapat mengiritasi kulit, sehingga gunakan sedikit saja pada kulit yang terkena kurap.

Bawang Putih

bawang putih

Bawang putih menjadi salah satu bahan yang bisa mengobati banyak penyakit, termasuk kurap. Bawang putih akan membantu meningkatkan efek kulit terutama untuk melawan jamur dan sumber infeksi. Bawang putih bahkan bisa mengatasi masalah kulit sekitar kurap yang sering terkena efek perubahan warna. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengupas bawang putih menjadi lebih bersih. Kemudian iris sedikit bagian bawang putih hingga mengeluarkan getah putih dan aroma yang sangat kuat. Setelah itu usapkan pada bagian kurap secara langsung. Awalnya akan terasa perih namun efek ini tidak perlu dikhawatirkan. Anda juga bisa menempelkan irisan bawang putih ke bagian kurap selama beberapa jam.

Lengkuas

lengkuas

Lengkuas yang biasanya menjadi bumbu masakan juga bisa membantu mengobati kurap secara alami. Lengkuas mengandung getah dengan aroma yang kuat. Kandungan senyawa esensial dalam getah lengkuas bisa membantu membasmi jamur dengan cepat. Kandungan bahan alami ini juga bisa membuat kurap sembuh tanpa ada efek samping.

Garam

garam

Garam mungkin hanya terlihat seperti bumbu dapur biasa, tapi untuk kurap bahan ini ternyata sangat efektif. Sifat garam yang dapat membuat kulit menjadi kering bisa membuat area kulit yang terkena kurap yang biasanya basah dan lembab menjadi lebih kering. Kondisi ini membuat jamur tidak dapat menyebar ke bagian kulit lainnya.

Garam juga merupakan zat desinfektan yang sangat baik untuk membersihkan kulit. Hal ini lah yang dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan pada kulit yang terkena kurap. Cara menggunakan garam untuk kurap sangat sederhana, cukup aplikasikan garam yang dicampur sedikit air pada area kulit yang terkena kurap

Cuka Sari Apel

cuka sari apel

Cuka sari apel sering digunakan sebagai obat alternatif untuk beberapa jenis penyakit. Dan ternyata cuka sari apel sangat baik untuk menyembuhkan kurap. Cuka sari apel akan mengobati infeksi akibat kurap dan menjaga agar kurap tidak kembali datang. Cuka sari apel mengandung bahan yang bisa menghilangkan bercak putih akibat kurap dan mengatasi infeksi kurap yang buruk. Anda bisa memberikan cuka sari apel ke bagian kurap secara langsung atau dengan medis kapas. Cara ini akan membutuhkan waktu perawatan selama 3 sampai 5 hari dalam sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *