Bahan Alami Menyembuhkan Diare

Obat Diare dengan Bahan Alami yang Aman dan Efektif

Diare memang membuat kewalahan, terutama jika aktivitas sedang padat. Namun ada berbagai pengobatan rumahan yang bisa membantu Anda mengatasi diare sekaligus menghindari masalah lainnya yang sering mengikuti, seperti dehidrasi.

Obat diare herbal bisa dengan menggunakan bahan alami, sehingga aman tanpa efek samping. Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati diare seperti dari buah-buahan, sayuran dan tanaman, selain menggunakan buah-buahan, sayuran dan tanaman obat, yaitu seperti olahan susu yogurt, nasi putih dan air mineral. Bahan tersebut dapat membantu proses penyembuhan ketika mengalami diare. Itu semua merupakan obat tradisional diare yang alami dan sudah sejak dulu masyarakat menggunakannya.

Berikut adalah Daftar Obat Diare Tradisional yang Terbukti Manjur

Yogurt

Yogurt

Yoghurt banyak tersedia dipasaran, namun banyak yang belum tahu bahwa makanan ini bisa menyehatkan pencernaan bahkan menjadi obat diare alami, hal ini karena yogurt mengandung bakteri baik (probiotik), terutama bakteri hidup seperti Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium

Jadi, bakteri dalam yagurt akan membantu memulihkan bakteri ‘baik’ dalam usus dan menghancurkan bakteri ‘buruk’ menyebabkan diare. para peneliti menemukan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi diare yang disebabkan oleh penggunaan antibiotik.  Di samping itu, yogurt juga bisa digunakan untuk mengobati diare akibat infeksi bakteri.

Pisang

Pisang

Ketika seseorang pasien mengalami diare dokter selalu menganjurkan untuk makan pisang matang, tujuannya agar diare cepat sembuh. Kok bisa? Karena pisang mengandung pektin tinggi.

Pektin adalah serat larut dalam air yang membantu memadatkan feses sehingga bisa mengurangi diare. Selain itu, pisang juga kaya akan kalium, elektrolit yang mendukung sejumlah fungsi penting dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan.

 Jambu biji
Jambu biji

Jambu biji merupakan tanaman yang sudah dipercaya sejak dahulu ampuh sebagai obat diare. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum tau kandungan apa yang membuat jambu biji ampuh mengobati diare.

Setelah diteliti, ternyata jambu biji mengandung tannin yang berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan virus dalam sistem pencernaan kita. Kandungan tannin jambu biji ini lumayan tinggi, yaitu sebesar 17 %, baik di daun ataupun buahnya.


Jadi ada dua metode pengobatan diare dengan jambu biji. Pertama, kamu bisa makan langsung buahnya, atau membuatnya menjadi jus segar tanpa gula. Yang kedua, kamu bisa juga merebus 3 lembar daun jambu biji muda, lalu mengonsumsinya segelas secara rutin ketika sudah dingin. Gampan kan?

Salak
Salak

Buah satu ini memiliki kulit yang mirip dengan seekor ular, itulah kenapa buah salak disebut juga sebagai snake fruit dalam bahasa Inggris. Tentu akan sangat mudah menemukan salak di Indonesia, apalagi anda  yang tinggal di pedesaan.

Selain unik, ternyata salak juga mengandung senyawa polifenol dalam bentuk tannin yang dapat meredakan diare. Mungkin kamu sudah sering disuruh untuk makan salak saat mencret kan? Nah tak ada salahnya mencoba buah satu ini.

Sop Wortel

Sup wortel

Sup wortel adalah makanan sehat yang diyakini memiliki efek antidyspeptic. Sup wortel sangat baik untuk anak-anak memulihkan diri dari diare karena memberikan nutrisi penting yang hilang selama diare.

Jahe

Jahe

Tumbuhan jamu ini sudah lazim digunakan untuk mengatasi bebagai penyakit, termasuk untuk mengobati diare. Jahe digunakan dalam pengobatan keracunan makanan dan juga dapat membantu menyingkirkan kram dan nyeri perut.

Jika gejala diare tidak membaik dalam waktu tiga sampai empat hari, atau Anda mengalami dehidrasi, maka kami anjurkan untuk segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *