Badan Sering Gatal-gatal Apakah Panuan? Apa itu Panu?

Panu atau nama lainnya tinea versicolor atau pityriasis versicolor adalah infeksi jamur pada kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak kecil pada kulit. Warna bercak tersebut bisa lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit asli. Panu juga dapat menyebabkan kulit penderita terasa gatal dan kasar (bersisik).kulit panu

Penyakit ini sering ditemukan pada daerah tropis dan subtropis yang bersuhu hangat dan lembap. Orang dari semua umur bisa terkena panu, terutama remaja. Penyakit kulit ini tidak menular, namun sering kambuh meskipun sudah diobati, menyebabkan ketidaknyamanan akibat gejala gatal-gatalnya.

Bagian tubuh yang paling sering terkena panu adalah punggung, lengan atas, perut, dada, dan leher. Anda bisa mengobati panu dengan menggunakan obat-obatan antijamur yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter.Panu

Jamur Malassezia merupakan sejenis jamur yang menyebabkan terbentuknya panu. Pada dasarnya, jamur ini tidak berbahaya dan umum ditemukan pada kulit manusia, terutama pada orang-orang yang berusia dewasa. Menurut dugaan, jamur ini mulai menimbulkan bercak-bercak putih di kulit saat perkembangbiakannya tidak terkendali.

Tingkat kebersihan seseorang diperkirakan tidak berhubungan dengan munculnya kondisi ini. Namun para ahli menduga ada beberapa faktor pada diri seseorang yang bisa memicu kemunculan penyakit ini, di antaranya:

Tingkat kebersihan seseorang diperkirakan tidak berhubungan dengan munculnya kondisi ini. Namun para ahli menduga ada beberapa faktor pada diri seseorang yang bisa memicu kemunculan penyakit ini, di antaranya:

  • Memiliki jenis kulit berminyak
  • Tinggal di daerah lembap yang bersuhu hangat
  • Berusia remaja atau awal 20-an
  • Sering mengeluarkan keringat berlebihan
  • Memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah
  • Mengalami perubahan hormon

Tips mencegah panu muncul lagi

Untuk Anda yang sedang mengalami gangguan ini jangan khawatir karena panu bukanlah penyakit yang bisa menimbulkan penyakit serius lainnya. Jika jamur yang tumbuh di kulit Anda sudah sangat banyak maka kulit yang berubah karena jamur ini akan lebih luas. Kalaui sudah begini, ada baiknya Anda pergi ke dokter, karena Anda akan mendapatkan obat yang langsung digunakan pada kulit Anda untuk perawatan dengan tujuan mengendalikan tumbuhnya jamur. konsultasi dokter

Untuk Anda yang tidak berharap terkena penyakit kulit ini, ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut ini :

  • Hindari menggunakan produk kulit yang mengandung minyak.
  • Kurangi ekspos terhadap sinar matahari. Jika sinar matahari tidak dapat dihindari, pertimbangkan untuk menggunakan sampo anti jamur setiap hari selama beberapa hari sebelum paparan sinar matahari.
  • Memakai tabir surya setiap hari.
  • Gunakan formula yang tidak mengandung minyak dengan minimal SPF 30.
  • Jangan memakai pakaian yang ketat, seperi celana jeans, dan sebagainya. Kenakan kain berpori-pori, seperti katun, untuk mengurangi keringat dan lembab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *