Apa Penyebab Dan Gejala Bau Mulut?

bau mulut

Bau Mulut – Bau mulut atau halitosis adalah kondisi dimana seseorang memiliki aroma napas yang tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, kebersihan mulut yang tidak terjaga, kondisi kesehatan tertentu atau gaya hidup yang tidak baik, seperti mengonsumsi alkohol dan merokok.

Pada kebanyakan penderita bau mulut biasanya menggunakan permen karet dan produk pembersih mulut untuk menghilangkan bau mulut, penggunaan ini hanya bersifat sementara untuk menghilangkan bau mulut. Cara yang paling direkomendasikan untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan mengatasi penyebabnya.

bau mulut

Gejala bau mulut biasanya disertai dengan munculnya tanda-tanda sebagai berikut:
* Timbul rasa tidak nyaman atau terasa asam di mulut.
* Mulut kering.
* Lidah berwarna putih.

Bau mulut dapat juga disebabkan oleh:
* Makanan, seperti bawang merah, bawang putih, keju, ikan, makan-makanan pedas, jus jeruk, soda dan kopi yang dapat menyebabkan bau mulut. Makanan tersebut akan masuk ke aliran darah dan terbawa ke ginjal hingga menyebabkan bau napas menjadi tidak sedap.

 

* Makanan yang tersisa, makanan yang tersisa di mulut atau menyangkut di gigi dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan palk di mulut. Bakteri dan plak yang ada di mulut akan menyebabkan bau napas menjadi tidak sedap.

bau mulut

* Gigi palsu, penggunaan gigi palsu yang tidak tepat atau longgar dapat menyebabkan infeksi. Infeksi yang terjadi dapat menyebabkan bau nafas yang tidak sedap.

bau mulut

* Merokok dan mengkonsumsi alkohol, bagi orang yang suka merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat meninggalkan zat di mulut. Zat tersebut akan mengendap dan menyebabkan bau mulut.

bau mulut

* Kebersihan mulut yang tidak terjaga, jika anda jarang menyikat gigi dapat menyebabkan sisa makanan yang ada di mulut membusuk sehingga napas menjadi bau. Kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik akan menimbulkan plak pada gigi yang berpotensi memicu periodonitis.

* Kondisi kesehatan, maslaah kesehatan yang tengah dialami pasien juga dapat menyebabkan bau mulut, kondisi tersebut meliputi:
1> Sinusitis
2> Pneumonia
3> Sakit tenggorokan
4> Flu
5> Sariawan
6> Intoleransi laktosa
7> Diabetes
8> Radang amandel
9> Ganggguan hati
10> Gangguan ginjal
11> Bronkitis

* Mulut kering, saat mulut kering, produksi air liur akan berkurang sehingga menimbulkan bau mulut tidak sedap. Mulut akan mengering saat seseorang tertidur sehigga napas akan berbau tidak sedap di pagi hari.

bau mulut

* Obat-obatan, obat-obatan yang sering dikonsumsi juga dapat menyebabkan bau mulut. Obat golongan antihistamin dan diuretik merupakan salah satu contoh obat yang memiliki efek samping mulut kering, dimana jika mulut kering pada umumnya menghasilkan bau yang tidak sedap.

bau mulut

Pecegahan bau mulut dapat dilakukan tergantung penyebab yang ada, berikut ini cara pengobatan yang bisa dilkukan diantaranya:
1> Perhatikan pola dan menu makanan.
2> Bersihkan mulut secara rutin.
3> Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi.
4> Gunakan produk pembersih mulut.
5> mengunyah daun mint atau peterseli.
6> Konsumsi permen atau permen karet rendah gula.
7> Perbanyak minum dan mengonsumsi makanan yang membutuhkan banyak kunyahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *