Jenis – Jenis vitamin B Kompleks

Pastinya Anda pernah mendengar vitamin B kompleks kan? Lalu sebenarnya apa sih manfaat vitamin B kompleks tersebut. Ini adalah kumpulan jenis vitamin B yang masing-masing memiliki keistimewaan khasiat.vit b complex

Vitamin B kompleks ini terdiri dari Vitamin B1 (tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Vitamin B5 (asam pantotenat), Vitamin B6 (pyroxidine), Vitamin B7 (biotin), Vitamin B9 (asam folat), Vitamin B12 (cyanocob).

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin B Kompleks

1. Sayuransayuran

Sumber vitamin B banyak sekali ditemukan pada sayuran, seperti jagung, bayam, sawi hijau, asparagus, sayur brokoli, daun seledri dan yang lainnya.

2. Buah-Buahanbuah-buahan

Ada banyak sekali buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin B kompleks, diantaranya adalah buah pisang, apel, blueberry, alpukat dan melon.

3. Makanan Hewanihewani

Produk hewani juga menjadi sumber vitamin B kompleks yang sangat menyehatkan tubuh. Manfaatnya adalah untuk mensupply energi, memperbaiki sel otak, mencegah cacat mental dan memberi gizi bagi tubuh.

4. Kacang-Kacangankacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan juga ditemukan vitamin B kompleks, seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang almont, kacang mente.

Mari mengenal lebih detail mengenai manfaat vitamin B:
  • Vitamin B1 (thiamine)

Selain menjaga sistem saraf Anda tetap sehat, vitamin ini diperlukan dalam mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi.

Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin B1 seperti telur, susu, roti dari biji-bijian utuh, daging sapi, buah-buahan segar dan kering, serta sayuran seperti kacang polong.

  • Vitamin B2 (riboflavin)

Ingin kulit dan mata anda tetap sehat, anda bisa mengkomsumsi vitamin B2. Manfaat vitamin B2 lainnya adalah menjaga sistem saraf agar tetap sehat serta membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan.

  • Vitamin B3 (niacin)

Menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik, menjaga kesehatan kulit dan mengubah makanan menjadi energi. Sumber terbaik vitamin B3 bisa ditemukan pada susu,kacang-kacangan,  telur, ikan, dan daging sapi.

  • Vitamin B5 (pantothenic acid)

Membantu pertumbuhan tubuh serta penting dalam produksi hormon. Selain itu, makanan yang Anda makan bisa diubah menjadi energi. Vitamin B5 bisa ditemui pada makanan, seperti kentang, daging sapi, tomat, telur, brokoli, daging ayam, dan nasi merah.

  • Vitamin B6 (pyridoxine)

Vitamin ini membantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam mengubah protein dan karbohidrat dari makanan agar menjadi energi. Sementara sumber vitamin B6 bisa peroleh dari makanan seperti sayur-sayuran, kacang, telur, daging ayam, ikan, susu, kentang, pisang, atau kacang panjang.

  • Vitamin B7 (biotin)

Vitamin ini memiliki peran penting dalam memecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa untuk dijadikan tenaga bagi tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin B7 dengan mengonsumsi pisang, salmon, wortel, sereal, hati dan kembang kol.

  • Vitamin B9 (folic acid)

Vitamin B9 juga membantu sel-sel tubuh dalam memproduksi dan menjaga DNA. Mengonsumsi vitamin B9 saat hamil bisa menurunkan risiko bayi di dalam kandungan mengalami kecacatan sistem saraf pusat. Sumber vitamin B9 bisa anda peroleh dari kacang, bayam, brokoli, kacang polong, dan buah-buahan sitrus (lemon, jeruk nipis, dan jeruk mandarin).

  • Vitamin B12 (cobalamin)

Asupan vitamin B12 sangat penting untuk memproduksi sel darah merah, memproses vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat. Sumber vitamin vitamin B12 ini bisa anda peroleh dari ikan salmon, daging, telur, susu, dan keju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *